Penang

Kuliner Penang: 7 Makanan Yang Bikin Penang Terkenal

Ketika kita berbicara tentang Pulau Penang, tidak dapat dipungkiri bahwa kekayaan budaya dan sejarahnya tercermin dalam kelezatan kuliner penang. Mulai dari laksa hingga kuay teow dan cendol, kita akan memasuki dunia kuliner Penang yang tak terlupakan.

1. Duck Kway Chap di Jalan Kimberley

kuliner penang Duck Kway Chap

Lokasi: 135, Lebuh Kimberley, George Town, 10100 George Town, Pulau Pinang
Jam Buka: 2 siang – 10 malam
Tutup Pada: Kamis

Jangan terkejut jika ini pertama kalinya Anda mencicipi kuliner penang yang satu ini – rasa yang dimilikinya tidak selalu disukai semua orang dan membutuhkan waktu untuk terbiasa. Pribadi saya, saya bukan penggemar, tetapi pasangan saya dan teman-teman kami sangat menikmatinya.

Meskipun suasana makanannya tidak begitu menarik, bersih, atau nyaman, namun itulah daya tarik dari warung kaki lima di pinggir jalan yang ramai.

Namun, bagi para pecinta kway chap atau mereka yang memiliki selera petualang, kuahnya begitu pekat dan lezat. Hidangan ini menyajikan daging bebek, telur rebus, dan beragam bagian babi sesuai selera (seperti usus babi atau telinga babi).

Jangan lewatkan juga hidangan lain yang kami rekomendasikan di sini seperti char koay teow, loh bak, dan tiram goreng dengan telur (oh chien). Meskipun suasana makan mungkin tidak sempurna, tetapi kenikmatan dari setiap suapan yang Anda ambil akan membuat Anda ingin kembali lagi.

2. Char Koay Kak (Fried Carrot Cake) – Mdm Ng’s Char Koay Kak

Lokasi: Lebuh Kimberley, George Town, 10100 George Town, Pulau Pinang
Jam Buka: 7:30 pagi hingga selesai (7 pagi–11 pagi)

Dengan pengalaman bisnis hampir 60 tahun, Mdm Ng bukan hanya meneruskan warisan warung dari ibunya, tetapi juga membawa kelezatan tak tertandingi ke dalam kuliner penang. Meskipun namanya disebut kue wortel, sebenarnya kue ini adalah rahasia lobak yang pertama dikukus dan kemudian digoreng hingga sempurna.

Dengan keanggunan warung tua yang menjadi saksi bisnisnya, Mdm Ng tetap teguh pada prinsip memasak secara tradisional. Beliau menggunakan arang dan kayu bakar yang memberikan rasa istimewa pada setiap kue lobak yang digorengnya. Sajian ini tidak hanya sekadar hidangan, tetapi merupakan pengalaman cita rasa yang membawa Anda terhubung dengan kehangatan tradisi.

Kue lobak goreng keluar dari dapur Mdm Ng disajikan dengan anggun dalam kerucut daun pisang, dibalut dengan aroma harum yang membuat selera terbangun. Jangan lewatkan pengalaman unik ini – aroma daun pisang yang bersatu dengan kue lobak goreng yang masih menggoda akan membuat Anda kembali lagi dan lagi!

3. Penang Hokkien Mee – 888 Hokkien Mee

kuliner penang Penang Hokkien Mee

Lokasi: 67-A, Lebuh Presgrave, George Town, 10300 George Town, Pulau Pinang
Jam Buka: 5 sore hingga 8 malam
Tutup Pada: Senin & Kamis

Warung 888 Hokkien Mee yang telah teruji dan terbukti di Lebuh Presgrave (三条路) telah menghidangkan mee udang dalam kuah kental pedas selama tiga dekade!

Saat Anda datang lebih awal, pastikan untuk memesan lauk tambahan seperti bakso, usus babi, dan babi crispy untuk menambah kenikmatan makan Anda. Pengalaman kuliner Anda akan semakin lengkap dengan paduan rasa yang beragam dari hidangan-hidangan ini.

Dan jangan lupa, sebagai penutup yang sempurna, nikmatilah ice kacang atau cendol di warung sebelahnya. Rasakan kelezatan manis dan segarnya untuk menyudahi pengalaman makan Anda dengan indah. Selamat menikmati!

4. Curry Mee – Hot Bowl White Curry Mee

Lokasi: 58, Jalan Rangoon, 10400 George Town, Pulau Pinang
Jam Buka: 8 pagi hingga 3 sore
Tutup Pada: Senin

Curry mee Penang ini memiliki keunikan yang membedakannya dari curry mee kebanyakan di Malaysia. Bahan utamanya adalah darah babi yang beku, memberikan cita rasa khas yang sulit ditemukan di tempat lain! Dipadukan dengan beragam seafood dan tahu, setiap suapan menjadi petualangan cita rasa yang tak terlupakan.

Jika rasa pedas masih kurang memuaskan, jangan ragu untuk menambahkan sambal sesuai selera Anda. Ini akan membuat pengalaman kuliner Anda semakin menggairahkan dan memuaskan. Segera kunjungi warung ini dan nikmati kelezatan unik dari curry mee Penang yang memikat lidah!

5. Mee Goreng – Hameed Pata Mee Sotong

kuliner penang mee goreng

Lokasi: 5, Taman Esplanade, Lebuh Light, 10300 George Town, Pulau Pinang
Jam Buka: 11:30 pagi hingga 8 malam
Tutup Pada: Minggu

Pelanggan berdatangan untuk menikmati versi mee goreng ini yang menyajikan potongan cumi yang terendam dalam sambal yang lezat. Rasakan kenikmatannya dalam versi kering atau lengkap dengan kuah, sesuai selera Anda.

Tak hanya itu, di sebelah warung, terdapat tempat minuman yang menawarkan cendol yang luar biasa, shake kelapa yang menyegarkan, dan es kacang yang menggoda selera. Setelah menikmati hidangan mee goreng yang lezat, lengkapilah pengalaman kuliner Anda dengan memanjakan diri dengan minuman-minuman istimewa dari warung di sebelahnya.

6. Teochew Chendol – Penang Road Famous Teochew Chendul

Lokasi: Jalan Penang, 27 & 29, Lebuh Keng Kwee, George Town, 10450 George Town, Pulau Pinang
Jam Buka: 10 pagi hingga 6:30 sore

Warung ini merupakan tempat asal dari kelezatan yang telah menjadi ikon di Lembah Klang dan Ipoh. Rasakan sendiri keaslian rasa dan kelembutan chendul yang membuat orang kembali lagi dan lagi.

Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan rasa yang otentik dan kehangatan dari chendul asli Penang Road Famous Teochew. Sebuah pengalaman kuliner yang tak boleh dilewatkan!

7. Penang Assam Laksa – Penang Road Famous Laksa

kuliner penang asam laksa

Lokasi: 5, Lebuh Keng Kwee, George Town, 10100 George Town, Pulau Pinang
Jam Buka: 9 pagi hingga 5.30 sore
Tutup Pada: Rabu

Mungkin salah satu laksa terbaik di Pulau Pinang, dan setelah beberapa dekade di Joo Hooi Café, Penang Road Famous Laksa pindah ke lokasi baru di Lebuh Keng Kwee pada tahun 2016. Keunggulan Penang Road Famous Laksa dibandingkan dengan warung lain adalah pada kuah ikan mereka! Berbeda dengan penggunaan ikan kembung umumnya, kuah ikan mereka disiapkan setiap hari dengan menggunakan kombinasi ikan sarden dan ikan raja mata besar.

Mangkuk laksa mereka dilengkapi dengan satu sendok pasta udang. Keputusan untuk menambahkannya sepenuhnya tergantung pada selera Anda. Namun, para penggemar setia menyebutkan bahwa pasta udang tersebut memberikan rangsangan yang menggugah lidah, membuat laksa menjadi lebih lezat dan tak terlupakan.


Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

  1. Kenapa Duck Kway Chap di Jalan Kimberley Tidak Disukai Semua Orang?
    • Duck Kway Chap memiliki rasa yang khas, mungkin tidak sesuai untuk semua orang. Lingkungan warung yang sederhana juga membuat pengalaman makan berbeda.
  2. Berapa Lama Mdm Ng’s Char Koay Kak Telah Berbisnis?
    • Mdm Ng’s Char Koay Kak telah berbisnis hampir 60 tahun, mewarisi resep kue lobak dari ibunya dan tetap memasak secara tradisional dengan arang dan kayu bakar.
  3. Apa yang Membuat Penang Hokkien Mee di 888 Hokkien Mee Unik?
    • 888 Hokkien Mee telah memasak mee udang dengan kuah pedas yang kental selama 3 dekade. Lauk tambahan seperti bakso, usus babi, dan babi crispy menambahkan variasi pada hidangan mereka.
  4. Apakah Hot Bowl White Curry Mee di Jalan Rangoon Pedas?
    • Hot Bowl White Curry Mee menonjol dengan bahan bintangnya, yaitu darah babi yang beku! Anda bahkan bisa menambahkan sambal jika ingin lebih pedas.
  5. Kenapa Hameed Pata Mee Sotong Menjadi Pilihan Utama di Taman Esplanade?
    • Hameed Pata Mee Sotong terkenal karena versi mee goreng mereka yang menyajikan potongan cumi dalam sambal. Kombinasi kering atau dengan kuah menjadikan hidangan ini populer di kalangan pengunjung.
  6. Mengapa Penang Road Famous Teochew Chendul Memiliki Outlet di Lembah Klang dan Ipoh?
    • Penang Road Famous Teochew Chendul yang terkenal ini awalnya berasal dari Penang dan telah berkembang ke Lembah Klang dan Ipoh seiring berjalannya waktu.
  7. Apa yang Membuat Penang Assam Laksa di Penang Road Famous Laksa Berbeda?
    • Penang Road Famous Laksa menggunakan kuah ikan yang unik, disiapkan dengan sarden dan ikan raja mata besar. Tambahan pasta udang membuat laksa mereka menjadi salah satu yang terbaik di Pulau Pinang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *