Penang

Langkawi – Sejarah dan Destinasi Wisata

Rekomendasi Destinasi Wisata


Tentang Langkawi

Langkawi adalah kumpulan pulau yang terdiri dari 140 pulau, dengan hanya sedikit yang dihuni. Pulau terbesarnya, Pulau Langkawi, telah dianugerahi status sebagai Taman Bumi Dunia UNESCO berkat keberagaman populasi liar yang terjaga di area konservasinya. Salah satu cara terbaik untuk menyaksikan keajaiban ekologi ini adalah dari ketinggian, melalui Langkawi Sky Bridge yang melintasi hutan hujan. Pregnant Maiden, danau air tawar dengan nama unik, menjadi lokasi yang sempurna untuk berenang atau bermain bersama monyet yang lucu.

Pantai-pantai di Langkawi, Malaysia, menawarkan pesona yang sangat indahyang juga terkenal dengan keindahan alamnya, terutama pantai-pantainya yang memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Kepulauan Langkawi yang terletak di perairan Selat Malaka juga memiliki gugusan pulau seperti Pulau Dayang Bunting dan Pulau Singa Besar yang sering menjadi tujuan wisata favorit. Jika Anda berencana liburan ke sini, jangan lewatkan untuk mengunjungi pantai-pantainya yang menakjubkan. Artikel ini akan memberikan 7 daftar wisata yang bisa Anda kunjungi saat ke Langkawi.


Sejarah Langkawi

Langkawi merupakan salah satu distrik dan pulau di dalam negara bagian Kedah Darul Aman, Malaysia. Pulau Langkawi diberikan status bebas cukai pada tahun 1987. Saat ini, pulau ini, yang kaya akan keindahan alam dan legenda masa silam, telah menjadi salah satu destinasi wisata yang paling populer di Malaysia.

Kepulauan ini terletak di sebelah barat negara bagian Kedah dan Perlis, serta di sebelah utara negara bagian Pulau Pinang, Semenanjung Malaysia. Pulau Langkawi berada di perairan Selat Melaka, sangat dekat dengan mulut Selat Malaka, Laut Andaman di sebelah barat laut, dan Samudera Hindia di sebelah Barat. Di seberang pulau Langkawi terdapat pulau Sumatra di Indonesia, dan di utaranya terletak negara Thailand.

Pulau ini terbentuk sekitar 500 juta tahun yang lalu, pada zaman Kambria. Pada masa itu, benua besar yang bernama Gondwana, terletak di Kutub Selatan, pecah menjadi cebisan tanah kecil yang kini dapat ditemukan di empat tempat di bumi, yaitu Afrika, Australia, India, dan Langkawi. Pegunungan Gondwana terletak di barat daya Langkawi. Pembentukan batu Gondwana yang menakjubkan melonjak tinggi berdekatan dengan Tanjung Batu, membentuk Pegunungan Mat Chinchang yang meliputi sebagian dari Pegunungan Gondwana.

Pada abad ke-15, nama Lung-Ya-Kiou-Yi tercatat dalam sebuah piagam yang diyakini digunakan oleh Laksamana Cheng Ho ketika mengunjungi Melaka pada tahun 1405.

Kemudian di abad ke-16, pulau terpencil ini diberi berbagai nama dalam peta zaman itu, antara lain Langa, Lanka, Lansura, dan Langapura.

Pada tahun 1621, Jenderal Augustin de Beaulieu, yang bertugas kepada Raja Louis XIII dari Prancis, menggambarkan Langkawi sebagai Lancahui atau lada sulah. Ia kemudian menulis, “Tanahnya subur dengan buah-buahan, beras, dan ternak. Beberapa batang sungai menyediakan sumber air bersih, hutan yang luas dapat terlihat, dan pantainya cantik dengan teluk dan pulau-pulau kecil yang tersebar di sekitarnya.”


7 Destinasi Wisata Menarik di Langkawi

1. Pantai Cenang

Pantai Cenang adalah pantai yang paling populer di Langkawi, sehingga tidak heran jika tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Di sepanjang garis pantai, Anda dapat menemukan deretan kafe, restoran, bar, spa, hingga toko yang menjual souvenir. Bahkan beberapa kafe dan restoran menyediakan area kursi untuk bersantai di pinggir pantai. Pantai Cenang juga menawarkan berbagai aktivitas watersport seperti kayaking, banana boat, jet ski, hingga parasailing.

2. Langkawi Sky Bridge

Langkawi Sky Bridge

Langkawi Sky Bridge adalah jembatan pejalan kaki melengkung sepanjang 125 meter yang menawarkan pemandangan yang mendebarkan (dan kadang-kadang menakutkan) Gunung Mat Cincang yang hijau, air terjun Telaja Tujuh, dan beberapa pulau kecil di sekitar Langkawi.

Terletak 700 meter di atas permukaan laut, jembatan ini hanya dapat diakses melalui stasiun terakhir dari Cable Car. Jembatan yang kokoh ini dapat menampung hingga 250 orang pada satu waktu. Dilengkapi dengan pagar ganda dari besi, kawat berlapis, dan 2 platform segitiga di mana Anda dapat bersantai dan menikmati angin sejuk.

3. Dataran Lang (Eagle Square)

Dataran Lang, juga dikenal sebagai Eagle Square, adalah patung elang setinggi 12 meter yang siap untuk terbang. Patung ini dipajang di platform yang terangkat di Kuah. Landmark yang menonjol ini hanya berjarak 5 menit berjalan kaki dari Jeti Kuah, Jetty Point Mall, Taman Lagenda Dalam Langkawi, serta berbagai restoran dan toko bebas pajak.

Dataran Lang dikelilingi oleh air mancur mini yang indah, teras, dan jembatan. Kedekatannya dengan Laut Andaman menjadikannya tempat populer untuk menyaksikan feri melintasi pelabuhan di sore hari.

4. Gunung Raya

Gunung Raya memiliki ketinggian 881 meter, menjadikannya puncak tertinggi di Langkawi. Menurut kepercayaan lokal, gunung ini adalah bentuk kutukan dari seorang raksasa bernama Mat Raya, yang pernah tinggal di pulau ini.

Hutan hujan yang lebat di gunung ini menjadi rumah bagi berbagai jenis satwa liar, termasuk monyet daun, kelelawar terbang, monyet ekor panjang, tupai, burung elang gunung, elang laut perut putih, dan burung rangkong besar. Gunung Raya merupakan tujuan populer untuk hiking, namun membawa pemandu sangat disarankan karena jalur ini dapat cukup menantang bagi pendaki pemula.

5. Tanjung Rhu

Beralih ke timur Pulau Langkawi, Anda juga dapat menemukan pantai yang indah seperti Tanjung Rhu. Pantai di bagian timur ini menawarkan suasana yang lebih tenang. Anda dapat menikmati hamparan pasir putih yang bersatu dengan air laut biru jernih. Cobalah duduk santai sambil menikmati deburan ombak di Tanjung Rhu. Jika ingin pengalaman yang seru, Anda dapat berkunjung ke Tanjung Rhu Resort untuk menikmati suasana piknik dengan barbeque dan naik perahu menjelajahi sungai dan gua batu kapur.

6. 3D Art in Paradise Langkawi

3D Art in Paradise Langkawi

3D Art in Paradise Langkawi menampilkan lebih dari 200 karya seni impresif yang tampak nyaris hidup ketika difoto. Gedung 3 lantai ini adalah salah satu museum seni 3D terbesar di Malaysia.

Museum unik ini berada di sebelah Cable Car yang ikonik di Oriental Village. Museum ini memiliki 9 bagian interaktif, termasuk ilusi optik, akuatik, safari, fantasi, klasik, kastil, pemandangan, Mesir, dan zona Malaysia.

7. Black Sand Beach

Black Sand Beach Langkawi

Bersebelahan dengan Teluk Yu, Anda juga dapat mampir ke Black Sand Beach. Sesuai dengan namanya, pantai Langkawi ini memiliki pasir berwarna hitam yang bersatu dengan pasir putih. Warna hitam pada pasir disebabkan oleh kandungan mineral pada batuan granit Gunung Raya yang berlokasi tidak jauh dari pantai. Anda dapat berjalan menyusuri pinggir pantai dan mencelupkan kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *