Kuala Lumpur

Cara ke Genting Highland Termurah 2024

Hai semua! Aku mau cerita nih tentang pengalamanku pergi ke Genting Highlands di Malaysia. Jadi, artikel ini bakal fokus banget bahas gimana cara aku dan temen-temenku ke sana. Gak cuma itu aja, kita juga bakal bahas semua alternatif yang bisa kamu pilih buat ke Genting Highlands. Mulai dari naik bis, pesawat, kereta api, taksi, sampe mobil sewaan. Kita bakal bahas semua cara ke genting highland dengan santai, jadi jangan khawatir bosen ya! Nah, selain cerita pengalaman pribadi kita, kita juga bakal kasih tahu yang paling penting, yaitu cara ke Genting Highland termurah. Jadi, stay tuned ya!

Naik Bis: Alternatif Paling Murah

Oke, mari kita mulai dengan pembahasan tentang menggunakan bis untuk pergi ke Genting Highlands.

Pertama-tama, kita perlu membeli tiket bis di KL Sentral. Lokasi konter tiketnya berada di basement KL Sentral, dekat dengan gerai Burger Kings dan KLIA Ekspress. Di sana, kita bisa membeli tiket dengan mudah dan melihat jadwal keberangkatan serta jenis bis yang tersedia. Ada dua jenis bis yang umum digunakan, yaitu Aerobus dan Go Genting. Harga tiketnya terjangkau, dan aku menyarankan untuk membeli tiket pulang-pergi sekaligus agar lebih praktis dan tidak kehabisan tiket di waktu yang sibuk.

Setelah mendapatkan tiket, kita bisa langsung menunggu bis di tempat yang telah disediakan di depan konter tiket. Ketika bis datang, kita bisa naik dan menikmati perjalanan ke Genting Highlands. Pengalaman di dalam bis cukup nyaman, dengan pemandangan perbukitan hijau yang asri di sepanjang perjalanan.

Selanjutnya, kita akan tiba di stasiun Stasiun Awana Skyway dan kita akan memiliki beberapa pilihan.

Pertama, kita bisa memutuskan apakah ingin melanjutkan perjalanan ke Resort World Genting atau destinasi lain. Jika memilih untuk ke Resort World Genting, kita bisa langsung menuju ke loket untuk membeli tiket kereta gantung. Di sana, kita akan mendapatkan informasi tambahan mengenai harga tiket dan jadwal keberangkatan. Setelah membeli tiket, kita akan menaiki kereta gantung menuju ke Resort World Genting. Perjalanan dengan kereta gantung ini sangat menarik, dengan pemandangan indah sepanjang perjalanan yang membuat pengalaman perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Naik Pesawat

Jika Anda berasal dari luar negeri atau kota-kota besar di Indonesia seperti Pekanbaru, Jakarta, Surabaya, atau Medan, naik pesawat bisa menjadi opsi tercepat dan paling nyaman untuk menuju Genting Highland Malaysia. Anda dapat memesan tiket pesawat menuju Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) atau Bandara Sultan Abdul Aziz Shah (SZB), kedua bandara utama di Kuala Lumpur. Dari bandara tersebut, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi darat seperti bus, taksi, kereta api, atau mobil sewaan. Jarak antara bandara dan Genting Malaysia sekitar 110 km, dan perjalanan biasanya memakan waktu sekitar 1-2 jam tergantung pada kondisi lalu lintas.

Naik Kereta Api

Jika Anda berada di Kuala Lumpur atau kota-kota besar lain di Malaysia seperti Ipoh atau Butterworth, menggunakan kereta api bisa menjadi opsi transportasi yang menyenangkan dan menawarkan pemandangan yang indah menuju Genting Highland Malaysia.

Anda dapat menggunakan layanan kereta api ETS (Electric Train Service) yang beroperasi di jalur utara-selatan Malaysia dan berhenti di Stasiun KL Sentral. Dari sana, Anda dapat berganti ke kereta api KTM Komuter yang menuju Stasiun Batu Caves.

Setelah itu, Anda bisa naik taksi atau bus ke Terminal Bus Awana (dengan harga yang sama seperti dari KL Sentral) dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan kereta gantung Awana Skyway atau taksi ke hotel atau destinasi tujuan Anda.

Harga tiket kereta api ETS bervariasi tergantung pada kelas dan jarak tempuh, dengan harga rata-rata sekitar RM 20-RM 50 per orang. Sedangkan harga tiket kereta api KTM Komuter adalah sekitar RM 2.6 per orang.

Waktu tempuh total dari KL Sentral ke Batu Caves adalah sekitar 45 menit.

Naik Taksi

Naik taksi atau layanan taksi online seperti Grab adalah cara yang fleksibel dan praktis untuk menuju Genting Malaysia tanpa repot dengan transportasi umum atau menggunakan kendaraan pribadi.

Anda dapat dengan mudah menemukan taksi di bandara, stasiun kereta api, terminal bus, hotel, atau tempat-tempat ramai lainnya di Kuala Lumpur atau kota-kota lain di Malaysia. Selain itu, Anda juga bisa memesan taksi secara online melalui aplikasi Grab.

Harga taksi ke Genting Malaysia bervariasi tergantung pada lokasi penjemputan, waktu, dan kondisi lalu lintas, tetapi rata-rata berkisar antara RM 150-RM 250 per mobil. Waktu tempuhnya sekitar 1-2 jam, tergantung pada kondisi lalu lintas.

Panduan Berkunjung ke Genting Highland Malaysia

Untuk memastikan kunjungan Anda ke Genting Highland berjalan lancar, berikut adalah beberapa persyaratan yang perlu dipatuhi:

  • Pastikan telah divaksin dosis tiga atau menerima booster.
  • Lakukan tes RT-PCR COVID-19 dua hari sebelum keberangkatan.
  • Jalani tes RTK-Ag (Rapid Test Kit-Antigen) dalam waktu 24 jam setelah tiba di Malaysia.
  • Wajib karantina selama 5 hari bagi yang belum divaksin atau belum mendapatkan dosis lengkap.
  • Anak-anak dan remaja usia 12-17 tahun yang belum divaksin tetap harus melakukan tes RTK-Ag COVID-19 dalam waktu 24 jam setelah kedatangan.
  • Anak-anak usia 6 tahun ke bawah tidak perlu menjalani tes RTK-Ag saat tiba di Malaysia.
  • Sediakan asuransi perjalanan COVID-19 dengan cakupan biaya medis dan rawat inap minimal sebesar USD 20 ribu atau sekitar Rp 286 juta (kurs Rp 14.300,-).

Kelebihan dan Kekurangan Setiap Alternatif

Berikut adalah perbandingan keuntungan dan kerugian dari setiap alternatif transportasi yang tersedia untuk perjalanan ke Genting Highland Malaysia:

Pesawat

Keuntungan:

  • Cepat dan efisien, cocok untuk Anda yang memiliki waktu terbatas.
  • Tidak terpengaruh oleh kondisi lalu lintas di darat.
  • Koneksi mudah dari bandara utama ke destinasi akhir.

Kerugian:

  • Biaya tiket pesawat biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan alternatif transportasi lainnya.
  • Anda masih perlu menggunakan transportasi darat setelah tiba di bandara, yang mungkin memakan waktu dan biaya tambahan.

Kereta Api

Keuntungan:

  • Menawarkan pemandangan indah selama perjalanan.
  • Harganya lebih terjangkau daripada pesawat.
  • Tidak terpengaruh oleh kemacetan lalu lintas di jalan raya.

Kerugian:

  • Waktu tempuhnya mungkin lebih lama dibandingkan dengan pesawat.
  • Anda mungkin perlu melakukan perubahan transportasi di antara stasiun.

Taksi

Keuntungan:

  • Fleksibel dan nyaman, Anda dapat langsung menuju ke destinasi tanpa perlu berhenti di tempat lain.
  • Cocok untuk perjalanan bersama keluarga atau kelompok kecil.

Kerugian:

  • Biaya perjalanan bisa lebih mahal terutama jika Anda melakukan perjalanan jauh.
  • Terkadang sulit menemukan taksi yang tersedia terutama di daerah padat.

Mobil Sewaan

Keuntungan:

  • Memberikan kebebasan dan fleksibilitas dalam menjelajahi daerah sekitar.
  • Cocok untuk perjalanan dengan kelompok besar atau perjalanan yang membutuhkan banyak perhentian di sepanjang jalan.

Kerugian:

  • Biaya sewa mobil dan bahan bakar bisa cukup tinggi terutama untuk perjalanan jarak jauh.
  • Anda harus memiliki SIM internasional yang valid dan nyaman dengan mengemudi di luar negeri.

Kesimpulan

Dalam menentukan cara ke Genting Highland, terdapat beberapa alternatif transportasi yang dapat dipertimbangkan, seperti menggunakan pesawat, kereta, taksi, atau menyewa mobil. Setiap alternatif memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing, tergantung pada preferensi pribadi, anggaran, dan kebutuhan perjalanan Anda. Penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor ini dengan cermat sebelum membuat keputusan. Apapun pilihan Anda, pastikan untuk merencanakan perjalanan dengan baik dan mematuhi persyaratan kesehatan dan keselamatan yang berlaku saat ini. Dengan memilih cara ke Genting Highland yang sesuai, Anda dapat menikmati perjalanan yang menyenangkan dan lancar ke destinasi yang menarik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *